Kamis, 22 Oktober 2015

Telematika dan Arah Perkembangan di Masa Depan



Di Indonesia kata telematika sudah tidak asing lagi, bahkan tidak jarang orang memberikan atau menyebutkan nama seseorang sebagai pakar telematika. Usut demi usut ternyata kata Telematika berasal dari bahasa Prancis yaitu “TELEMATIQUE” kurang lebihnya dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Menurut para praktisi, TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital.

Dari jurnal yang berjudul “Sejarah Perkembangan Teknologi Telematika” tertulis 
Alfin Toffler berpendapat bahwa teknologi telekomunikasi dan informatika, kini populer dengan nama telematika (Yuliar,2007). Menurut Yusuf Hadi Miarso (2007) telematika merupakan sinergi teknologi telekomunikasi dan informatika untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary (digital). 

Pemanfaatan Telematika

Tujuan pemanfaatan Telematika sendiri secara umum untuk mempermudah suatu pekerjaan dan sebagai meyelesain suatu masalah. Berikut contoh pemanfaatan dalam bidang pendidikan :
  • Perpustakaan Elektronik, Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet. 
  • Surat Elektronik (email), Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. Dalam kegiatan di luar kampus mahasiswa yang menghadapi kesulitan dapat bertanya lewat email. 
  • Video Teleconference, Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat sosial.

Perkembangan Telematika dalam teknologi informasi
Perkembangan Telematika sangat pesat dalam bidang teknologi informasi, mulai dari teknologi yang memiliki kemampuan kecil berfisik besar hingga saat ini berfisik kecil memiliki kemampuan yang besar serta teknologi-teknologi yang dapat mengerjakan pekerjaan yang dahulu terlihat mustahil atau tidak mungkin . Berikut contoh telematika dari berbagai bidang:
  • Bidang teknologi computer
          Memory Card dari SDcard, MiniSD, MicroCD. 
          Processor dari Pentium1, 2, 3, 4, Dual Core, Quard Core.
  • Bidang komunikasi 
          Mulai dari Pager, Handphone, hingga Smartphone
  • Bidang Transportasi
           Mobil mulai dari Mobil non Chip, Mobil ber-Chip, hingga Smart Mobil yang sedang di kembangkan

Perkembangan Telematika di Masa Depan 

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga tidak akan kalah dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop Ubuntu, GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunannya.

Pada akhirnya, era robotik akan segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah, termasuk di tanah air. Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik. 

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons