BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Manusia adalah sosok makhluk ciptaan tuhan yang hakikatnya diciptakan tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup, bahkan untuk urusan yang sekecil apapun, oleh karena itu manusia disebut juga sebagai makhluk sosial.
Seorang manusia perlu melakukan sosialisasi yang baik dan benar terhadap lingkungannya, agar masyarakat dalam lingkungan tersebut dapat lebih mudah untuk menerima atas kehadirannya dengan baik.
Pendidikan merupakan tiang dari generasi penerus bangsa. Maka dari itu Setiap generasi penerus bangsa harus di perkenalkan dengan ilmu social dasar, dan output dari perkenalan tersebut di harapkan setiap generasi penerus dapat merasakan dampak positif dari ilmu sosialissasi bagi pendidikan tersebut.
Ilmu pendidikan termasuk sebagai salah satu ilmu
sosial yang memiliki keterkaitan dengan ISD ( Ilmu Sosial Dasar). Oleh karena
itu, dalam makalah ini akan membahas dan menguraikan tentang ilmu sosial dasar
dalam pendidikan.
1.2. Rumusan masalah:
· Apakah Manfaat social dasar dalam pendidikan.
· Apakah Dampak dari tidak adanya ilmu social dasar
dalam pendidikan.
· Bagaimana peranan social dasar dalam pendidikan.
1.3. Tujuan:
- Mempelajari
tentang ilmu social dasar dalam pendidikan.
- Mempelajari
Fungsi dan Peranan ilmu social dasar dalam pendidikan.
- Mendalami
hal-hal tersebut pada diri kita sendiri.
- Memberikan
motivasi untuk menjadi manusia yang lebih baik
.
1.4. Rangkuman
1.4. Rangkuman
Pendidikan merupakan hal
terpenting dalam kemajuan bangsa Indonesia. Di samping itu pendidikan sangat
memegang peranan penting dalam proses bersosialisasi. Dimana ada timbale balik
antara proses social dengan pendidikan, yang pada nantinya di pakai pada
kehidupan sehari-hari pada masyarakat, dan berguna di lingkungan masyarakat itu
sendiri.
BAB II
ISI
ISI
1.1. Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan
Filsafat dan tujuan pendidikan Filsafat pendidikan mengandung nilai-nilai atau cita-cita
masyarakat. Berdasarkan cita-cita tersebut terdapat landasan, mau dibawa kemana pendidikan anak. Dengan kata lain, filsafat pendidikan merupakan pandangan hidup masyarakat. Filsafat pendidikan menjadi landasan untuk merancang tujuan pendidikan, prinsip-prinsip pembelajaran, serta pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Penyusunan kurikulum yang tidak didasarkan pada landasan yang kuat dapat berakibat fatal terhadap kegagalan pendidikan itu sendiri.
sosial budaya dan agama tidaklah terlepas dari kehidupan kita. Keadaan sosial budayalah yang sangat berpengaruh pada diri manusia, khususnya sebagai peserta didik. Sikap atau tingkah laku seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh interaksi sosial yang membuat sseeorang untuk bertingkah laku yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar. Agama yang membatasi tingkah laku kita juga sangat besar pengaruhnya dalam membuat suatu kurikulum.
1.2.
Tujuan pokok ilmu social dasar dalam pendidikan
Tujuan umum diselenggarakannya pendidikan Ilmu Sosial
Dasar ialah pembentukan dan
pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan,
dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya,
khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya
tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat
dipertajam.
Selain itu untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah social yang ada dalam masyarakat.
1.3.Fakta permasalahan social yang terdapat di masyarakat
Selain itu untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah social yang ada dalam masyarakat.
1.3.Fakta permasalahan social yang terdapat di masyarakat
Masalah sosial adalah suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi benterokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
1.4.Kesimpulan
Dalam
hal ini dunia pendidikan sangat berpern penting dalam hal bersosialisasi,
karena dalam dunia pendidikan generasi penerus bangsa inilah dapat berkembang
dan mencari jati diri dari dirinya sendiri. Dengan adanya pendidikan kita
menerima ilmu dan akhlak untuk kita gunakan dalam bersosialisasi dan menyiapkan
diri dimasa depan. maka dari itu diperlukannya
ilmu social dasar dalam masyarakat untuk menumbuh kembangkan pengetahuan
mengenai ilmu social dasar dalam masyarakat sehingga penerapan proses tepat
sasaran dalam kehidupan bersosialisasi.
1.5.DAFTAR PUSTAKA
http://ebookbrowse.com/makalah-pengajaran-nilai-nilai-dalam-pendidikan-ilu-ilmu-sosial-pdf-d337750458
http://dodimaulanaf.wordpress.com/2011/12/01/makalah-6-ilmu-sosial-dasar-dalam-sosiologi/
http://www.anakciremai.com/2009/02/makalah-ilmu-pendidikan-tentang-sistem.html
0 komentar:
Posting Komentar